Rabu, 07 Mei 2008

Konflik Perbatasan



Konflik Perbatasan Perlu Diwaspadai

Rabu, 23 April 2008

sumber : http://www.posmetropadang.com/content/view/1144/382/

GOLDEN ARM, METRO-- Kapolda Sumbar Brigjen Drs Ino Suripno SH bersama pejabat tinggi Polda Sumbar dengan jajaran Mapolres Solok Selatan (Solsel) serta Purnawirawan Polri, tokoh masyarakat menggelar temua ramah di Aula Mapolres Solsel Rabu (23/4). Dalam kesempatan tersebut, Kapolda mengatakan, menjalin silahturami antara jajaran polri dengan masyarakat sangat perlu, karena polri merupakan pengayom, pelindung dari masyarakat dalam menjaga ketentraman antara satu dengan lainnya.
Aapalagi, Solsel sebagai daerah yang mempunyai potensi sumber daya alam yang potensial. Tentu saja melalui potensi SDA ini bisa memajukan daerahnya. Dari itu mari perhatikan lingkungan yang strategi untuk selalu menjaganya. berkaitan dengan itu semua bahwa pembangunan berjalan dengan baik tentunya situasi dan kondisi harus aman dan terjaga (kantibmas). Mari tunjukan peran kita semua seperti Muspida Plus dan masyarakat, ambil langkah yang preventif dan sosialisasikan pendasaran yang menyangkut itu semua. untuk itu fungsikan peran masing-masing, seperti masalah perdata kembalikan ke pengadilan dan masalah adat kembalikan ke ninik mamaknya. Dengan memfungsikan peran masing-masing tentunya semua permasalahan yang timbul bisa terselesaikan dengan baik dan tidak ada yang dirugikan dari pihak manapun.

Sementara Kapolres Solsel AKBP Jondrial S.Ik dalam laporannya menjelaskan dengan adanya pertemuan tatap muka ini bisa lebih menciptakan rasa kekeluargaan di jajaran Mapolres, dan masyarakat pada umumnya. dan dengan demikian semakin terjalinannya silahturahim antar sesama. Saat ini pada wilayah Polres Solsel dalam situasi yang kondusif, untuk itu mari sama-sama menjaganya. Sementara Bupati Solsel Drs H Syafrizal J M.Si dalam sambutan singkatnya menguraikan tentang Solsel. Dimana Solsel dengan luas wilayah 3.346,20 KM persegi. dan secara umum kondisi keamanan di Solsel cukup kondusif.

Namun demikian, sebagai daerah yang memiliki potensi di sektor perkebunan dan pertambangan maka kedua sektor itu sebenarnya juga perlu diwaspadai rawan konflik. termasuk karena letak geografis daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, maka konflik perbatasan juga termasuk hal yang perlu diwaspadai. Degan kunjungan Kapolda diharapkan sebagai sebuah momen untuk mendorong peningkatan kerjasama antara aparatur pemerintahan sehingga situasi tertib dan kondusif dapat terus dijaga serta dipertahankan. Selain Kapolda Brigjen Drs Ino Sumarno SH dan Jajarannya, juga hadir Bupati Solsel Drs H Syafrizal J M.Si, Kapolres AKBP Jondrial S.Ik, Ketua DPRD H Khairunas, Kandepag Kardinal N, Tokoh Masyarakat Solsel. (f)


Tidak ada komentar: